SMK MUHAMMADIYAH SELANGKAH LEBIH MAJU

SMK UNGGULAN TERBUKTI BERPRESTASI

SMK Muhammadiyah Majenang

Jl. Raya Padangjaya No. 261 Kel. Padangjaya Kec. Majenang 53257 Cilacap Prov. Jawa Tengah

Tlp. (0280) 621524 - NSS: 400140 - NPSN: 20300715

TERKINI: Selamat datang Team Visitasi BAN SM dalam Rangka Akreditasi SMK Muhammadiyah Majenang mulai tanggal 29 Mei s.d 2 Juni 2017

CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

Informasi Ujian Akhir Semester Genap

(28/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb. Ba`da Salam. Sehubungan dengan sudah masuknya masa akhir pembelajaran baik kelas 10, 11, maupun 12, di SMK Muhammadiyah ...

Kelulusan Siswa/i Tahun Pelajaran 2017/2018

(19/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb.Semangat Sukses UNBK!  Dibertitahukan kepada seluruh siswa-siswi kelas XII tahun 2017/2018, Kelulusan Hasil Ujian bisa diakses di https://www.lulus.smkmuhmajenang.sch.id/ mulai 3 ...

Pengumuman Ujian Online

(13/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb. Diberitahukan kepada seluruh peserta didik kelas XI yang sedang Prakerin, terkait Informasi Ujian Online yang tertera tanggal 09-13 ...

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Majenang Ahmad Syarifudin,S.Kom,S.PdI,MM bersama Ketua & Wakil Ketua Panitia UNBK SKPD Y

(30/03/2018) Pada hari ini Jum’at 30 Maret 2018 Proktor dan Teknisi SMK Muhammadiyah Majenang telah melaksanakan sinkronisasi 6 server utama dan ...

PERSIAPAN AKRIDITASI SEKOLAH

(26/05/2017) Dalam akreditasi sekolah yang paling banyak menyedot waktu adalah persiapan jelang akreditasi sekolah tersebut. Salah satunya adalah mempersiapkan bukti fisik ...

JADWAL KEGIATAN


Akriditasi Sekolah

Tgl. 29/05/2017 | Pukul 12:00 am
s/d. 03/06/2017 | Pukul 12:00 am

Tempat: SMK Muhammadiyah Majenang

PENGUMUMAN KELULUSAN

Tgl. 03/05/2018 | Pukul 6:00 pm
s/d. 08/05/2018 | Pukul 6:00 pm

Tempat: WEB SMKMUHMAJENANG (ONLINE)

WISUDA PELEPASAN SISWA SISWI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG TAHUN 2017/2018

Tgl. 05/05/2018 | Pukul 7:00 am
s/d. 05/05/2018 | Pukul 3:00 pm

Tempat: HALAMAN SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

Statistik Visitor



Terjemahan Al-Qur`an



INFO PENGUMUMAN KELULUSAN

BERITA & ARTIKEL


PROGRAM TEACHING FACTORY SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG

Diupdate Tgl. 28/04/2018 | Tefa SMK Muma | Administrator | Dilihat 36x

PROGRAM TEACHING FACTORY

SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG

 

I. Profil

A. Deskripsi Umum Teaching Factory

Nama Unit Kerja: Teaching Factory
Tanggal Berdiri: 10 Juli 2016
Alamat Unit Kerja: Jl. Raya Padangjaya No. 261
Jenis Kerja: Teaching Factory
Produk: Barang dan Jasa
Email: smkmuhammadiyahmajenang@gmail.com

 

B. Riwayat Unit Kerja

Teaching Factory merupakan perpaduan dari pada konsep pembelajaran berbasis kompetensi dan berbasis produksi (barang dan jasa) yang dibentuk pada tanggal 10 Juli 2016

 

C. Visi dan Misi Unit Kerja

1. Visi

“Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi standar nasional dan berakhlak terpuji”

2. Misi

“Menyelenggarakan diklat dengan prinsip kemampuan dan profesionalisme melalui optimalisasi kerja sama industri dalam rangka meningkatkan mutu serta daya saing lulusan”

 

D. Jenis Usaha yang Dikelola

Teaching Factory SMK Muhammadiyah Majenang bergerak di bidang barang dan jasa, yaitu Pembuatan Lampu LED, Pembuatan Knalpot Sepeda Motor, dan Video Shooting. Kami memilih usaha di bidang ini karena disesuaikan berdasarkan dengan paket keahlian yang ada di SMK Muhammadiyah Majenang.

 


Kegiatan Pasar dan Pemasaran

A. Lingkungan Usaha

Di SMK Muhammadiyah Majenang jenis usaha dibidang barang dan jasa memiliki peluang yang sangat menjanjikan, karena barang dan jasa adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah siswa/i SMK Muhammadiyah Majenang. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha barang dan jasa karena ditunjang dari banyaknya peluang dalam mengembangkan jenis usaha ini.

 

B. Kondisi Pasar

Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi senyum, salam, sapa, sopan, santun, cepat, tepat, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.

 

C. Rencana Pemasaran

Dengan usaha barang dan jasa yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini, ikut serta dalam suatu event-event (bazaar) yang diadakan dengan mendirikan stand.

 

III. Aspek Produksi

A. Alokasi Usaha

Teaching Factory SMK Muhammadiyah Majenang berlokasi di Jl. Raya Padangjaya No. 261 Majenang. Dengan daerah pemasaran yaitu disekitar sekolah – sekolah terkemuka, dan toto-toko yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.

 

B. Proses Waktu Kegiatan Teaching Factory

Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari : Senin – Sabtu
Waktu : 07:00 – 16:00 WIB

 

IV. Latar Belakang Teaching Factory SMK Muhammadiyah Majenang

Saat ini pendidikan kejuruan sedang dihadapkan pada pemasalahan yang serius yaitu belum terserapnya secara optimal lulusan sekolah menengah kejuruan oleh dunia usaha dan dunia industri. Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 Bab 2 pasal 3 sudah diamanatkan bahwa :

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 Merujuk pada fungsi pendidikan diatas, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia terus diupayakan dan dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin global. Demikian juga halnya dengan pendidikan di Majenang yang masih perlu pembenahan. Pendidikan merupakan ujung tombak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka pihak-pihak yang terlibat dalam proses pendidikan (Pemda, Orang Tua, Masyarakat dan Instansi Pendidikan / sekolah) harus berperan aktif dalam meningkatkan kualitas dan juga kuantitas. Upaya pengembangan tersebut harus terprogram dan melalui jalur yang tepat agar yang dihasilkan benar – benar bermutu dan kompeten serta bisa bersaing dalam dunia global.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa SMK adalah lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai lembaga pencetak tenaga terampil dan kompeten dibidangnya harus bisa selaras dengan kebutuhan dunia industri untuk bisa bersaing. Oleh karena itu peningkatkan sumber daya manusia (skill / keahlian) harus menjadi prioritas utama dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya.

Rendahnya kualitas lulusan sekolah kejuruan di Majenang dapat berakibat produktifitas tenaga kerja terampil di dunia industri semakin terpuruk. Kepercayaan dunia industri semakin berkurang sehingga lulusan yang terserap juga sedikit. Faktor-faktor penyebabnya adalah :

  1. Kurikulum yang terus berubah menyebabkan kondisi di lembaga pengelola pendidikan kejuruan semakin terbebani;
  2. Belum adanya sumber pembiayaan yang memadai sehingga kebutuhan proses pendidikan di sekolah tidak maksimal;
  3. Rekruitmen guru yang terkesan asal “jadi” dan syarat dengan muatan politis sehingga tidak sesuai dengan kompetensi /kualitas yang dibutuhkan;
  4. Kurangnya kepedulian baik pemda, guru, orang maupun masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Kondisi tersebut secara tidak langsung dapat berakibat lembaga pendidikan kejuruan tidak siap dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Seharusnya Sebagai lembaga pendidikan yang mendidik calon tenaga kerja, keunggulan yang dikembangkan oleh sekolah menengah kejuruan diutamakan pada keunggulan skill Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mencapai hal tersebut SMK harus memprioritaskan pengembangan sistem pendidikan yang berorientasi pada peningkatan tamatan yang benar-benar profesional, memiliki etos kerja, disiplin dan tetap menjunjung tinggi serta berakar pada budaya bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, maka pendidikan yang paling sesuai untuk meningkatkan hal tersebut adalah pendidikan yang berorentasi pada dunia industri dengan penekanan pada pendekatan pembelajaran dan didukung oleh kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dunia industri yang merupakan sasaran dari proses dan hasil pembelajaran sekolah menengah kejuruan mempunyai karakter dan nuansa tersendiri. Oleh karena itu lembaga pendidikan kejuruan dalam proses pembelajaran harus bisa membuat pendekatan pembelajaraan yang tepat dan sesuai dengan keinginan dunia industri. Salah satu model pendidikan yang cocok adalah dengan menerapkan teaching factory dalam proses belajar di SMK.

Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Teknologi pembelajaran yang inovatif dan praktek produktif merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen pengelolaan siswa dalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri. (Brosur IGI, 2007).

Program Teaching Factory (TEFA) merupakan perpaduan pembelajaran yang sudah ada yaitu Competency Based Training (CBT) dan Production Based Training (PBT), dalam pengertiannya bahwa suatu proses keahlian atau keterampilan (life skill) dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan pasar/ konsumen.

Dalam pengertian sederhaa teaching factory adalah pembelajaran berorientasi bisnis dan produksi. Proses penerapan program teaching factory adalah dengan memadukan konsep bisnis dan pendidikan kejuruan sesuai dengan kompetensi keahlian yang relevan, misalnya : pada kompetensi ketenagalistrikan melalui kegiatan produksi lampu LED maka proses pembuatan, dan finishing dikerjakan oleh peserta didik.

Sebagai perwujudan nyata/implementasi UU No. 20 tahun 2003 untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK di Majenang maka sejak tahun 2016 SMK Muhammadiyah Majenang telah menerapkan konsep teaching factory dalam pembelajaran di sekolah. Untuk mendukung program ini, SMK Muhammadiyah Majenang bermitra dengan Dunia Usaha sebagai mitra dalam menunjang keberhasilan Program Teaching Factory.

Program Teaching Factory merupakan langkah positif yang ditawarkan pihak SMK Muhammadiyah Majenang kepada siswa dan orang tua murid guna mengembangkan jiwa enterpreneur, dengan harapan tamatan sekolah menengah kejuruan (SMK) mampu menjadi aset daerah dan bukan menjadi beban daerah Majenang.

Teaching factory merupakan suatu konsep pembelajaran pada tingkat yang sesungguhnya, untuk itu ada beberapa elemen penting dalam teaching factory yang perlu dikembangkan yaitu :

1) Standar Kompetensi

Standar kompetensi yang digunakan dalam pelaksanaan teaching factory adalah kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industri. Dengan pengajaran yang berbasis kompetensi pada industri diharapkan siswa siap menghadapi tuntutan kebutuhan dunia industri.

2) Peserta didik

Penggolongan peserta didik / siswa dalam proses teaching factory adalah berdasarkan kualitas akademis dan bakat/minat. Siswa dengan kualitas yang seimbang antara akademis dan ketrampilan bakat/minat memperoleh prosentase yang besar untuk masuk dalam program ini. Siswa yang kurang dalam dua hal tersebut direkomendasikan untuk mengambil bagian yang termudah.

3) Media belajar

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses teaching factory menggunakan pekerjaan produksi sebagai media untuk proses pembelajaran. Pekerjaan Produksi dapat berupa industrial order atau standard products. Produk ini harus dipahami terlebih dahulu oleh instruktur sebagai media untuk pengembangan kompetensi melalui fungsi produk, dimensi, toleransi, dan waktu penyelesaian.

4) Perlengkapan dan Peralatan (Toolkit)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pemeliharaan perlengkapan dan peralatan yang maksimal;
  2. Investasi untuk kegiatan teaching factory;
  3. Manfaatkan untuk memfasilitasi pengembangan kompetensi siswa bersamaan dengan penyelesaian pekerjan “Production” pada tingkat kualitas terbaik;
  4. Pengawasan atas peralatan dan perlengapan yang sudah tidak efektif untuk kecepatan dan ketelitian proses produksi.

5) Instruktur/Pengajar

Instruktur / pengajar adalah mereka yang memiliki kualifikasi akademis dan juga memiliki pengalaman industri. Dengan demikian mereka mampu mentransformasikan pengetahuan dan “know how” sekaligus men”supervisi” proses untuk dapat menyajikan “finished products on time”.

6) Penilaian Prestasi Belajar

Dalam penilaian prestasi belajar, teaching factory menilai siswa yang berkompeten melalui “penyelesaian produk”. Standar penilaian yang digunakan harus mengacu kepada pabrik yang mengeluarkan komponen / peralatan.

7) Pengakuan Kompetensi

Teaching Factory menilai kompetensi siswa menggunakan National Competency assessment, dimana asesor bersertifikat melakukan observasi pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas pekerjaan di bawah badan standar kompetensi nasional. Guna mendukung program teaching factory maka SMK Muhammadiyah Majenang telah menyiapkan berbagai unsur penunjang diantaranya :

Instruktur/guru yang akan mendampingi kegiatan teaching factory adalah guru-guru SMK Muhammadiyah Majenang yang telah berserifikat sebagai assesor sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Berkenaan dengan teaching factory, SMK Muhammadiyah Majenang bersedia bekerjasama dengan SMK-SMK baik negeri maupun swasta di Majenang yang berkeinginan mengembangkan teaching factory dalam proses pembelajaran di SMK, semoga melalui teaching factory ini dapat memberikan bekal siswa SMK supaya mereka dapat menjadi SDM yang berkompeten dalam bidangnya dan pada akhirnya “alumni SMK” dapat terserap oleh dunia usaha dan industri.

Salam SMK Muma Bisa !!!!





Komentar Anda Tentang Tulisan Ini





Tulis Captcha:


Lihat Komentar Masuk »



CARI TULISAN


PENGUMUMAN TERBARU

Informasi Ujian Akhir Semester Genap

(28/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb. Ba`da Salam. Sehubungan dengan sudah masuknya masa akhir pembelajaran baik kelas 10, 11, maupun 12, di SMK Muhammadiyah ...

Kelulusan Siswa/i Tahun Pelajaran 2017/2018

(19/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb.Semangat Sukses UNBK!  Dibertitahukan kepada seluruh siswa-siswi kelas XII tahun 2017/2018, Kelulusan Hasil Ujian bisa diakses di https://www.lulus.smkmuhmajenang.sch.id/ mulai 3 ...

Pengumuman Ujian Online

(13/04/2018) Assalamu`alaikum Wr. Wb. Diberitahukan kepada seluruh peserta didik kelas XI yang sedang Prakerin, terkait Informasi Ujian Online yang tertera tanggal 09-13 ...

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Majenang Ahmad Syarifudin,S.Kom,S.PdI,MM bersama Ketua & Wakil Ketua Panitia UNBK SKPD Y

(30/03/2018) Pada hari ini Jum’at 30 Maret 2018 Proktor dan Teknisi SMK Muhammadiyah Majenang telah melaksanakan sinkronisasi 6 server utama dan ...

PERSIAPAN AKRIDITASI SEKOLAH

(26/05/2017) Dalam akreditasi sekolah yang paling banyak menyedot waktu adalah persiapan jelang akreditasi sekolah tersebut. Salah satunya adalah mempersiapkan bukti fisik ...

JADWAL KEGIATAN


Akriditasi Sekolah

Tgl. 29/05/2017 | Pukul 12:00 am
s/d. 03/06/2017 | Pukul 12:00 am

Tempat: SMK Muhammadiyah Majenang

PENGUMUMAN KELULUSAN

Tgl. 03/05/2018 | Pukul 6:00 pm
s/d. 08/05/2018 | Pukul 6:00 pm

Tempat: WEB SMKMUHMAJENANG (ONLINE)

WISUDA PELEPASAN SISWA SISWI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG TAHUN 2017/2018

Tgl. 05/05/2018 | Pukul 7:00 am
s/d. 05/05/2018 | Pukul 3:00 pm

Tempat: HALAMAN SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG

LOGIN FORM



Lupa Password? | Register »

POLLING SINGKAT

Statistik Visitor



Terjemahan Al-Qur`an



RANDOM ARTIKEL

BERITA LAINNYA

RADOM PAGE

GALERI PHOTO

BAPAK GURU PRAMUKA KEGIATAN PRAKTEK RPL JARINGAN DASAR DAN PERAKITAN SANCAGULADA

KONTAK KAMI